Persyaratan Tambah Daya PLN, Tetapi…??


Mulai bulan Maret kemarin PT. PLN Persero mengeluarkan iming iming kepada masyarakat di seluruh Indonesia perihal gratisan tambah daya dari yang semula 450 dan 900 ke 1300 dan 2200 VA, konsumen hanya di haruskan membayar biaya sebesar Rp. 20.000,00 untuk pembelian formulir. Tetapi pelanggan yang menaikkan dayanya maka meteran listrik lama langsung diganti dengan yang model prabayar atau bersifat pulsa. Progam Gratis ini akan berakhir pada bulan Juni 2011

Beberapa syarat yang harus diikuti adalah sebagai berikut :
1. Surat permohonan dibuat oleh sesuai nama di rekening listrik. (surat permohonan di buat oleh pihak PLN)
2. FC KTP sesuai dengan nama di rekening lisrrik sebanyak 2 lembar atau FC KTP pemohon
3. FC rekening listrik 2 bulan terakhir 2 lembar, mau lihat tagihan pln online klik disini.
4. Gambarkan Denah lokasi yang akan di ganti dayanya.
5. Masukkan dalam map semua berkas
6. Materai 6000 cukup satu
7. Surat kuasa jika dalam proses tersebut diwakilkan.
8. Dan yang terakhir adalah persiapkan uang lebih. Kalau memang di butuhkan
Apabila itu bukan rumah saudara maka di perlukan FC bukti kepemilikan misalnya akte jual beli atau perjanjian jual beli rumah.

Bukan Indonesia kalau apa yang berhubungan dengan yang namanya DUWIT ada yang cekat cekot. Seperti yang saya salin dari poskota.com

JAKARTA (Pos Kota) –Masyarakat khawatir kebijakan PT PLN menggratiskan bea tambah daya. Mereka menduga itu upaya menghilangkan subsidi dari pemerintah, sekaligus menjebak konsumen rumahan untuk menggunakan tarif golongan industri.

“Tolong jelaskan dulu, jangan sampai kami jadi mainan. Kalau 450 watt nggak ada, jangan-jangan kami gelap gulita,” kata Anwar Sanusi, warga miskin di Kelurahan Petukangan Utara.

Bila subsidi dicabut, Suparman, warga Pesanggrahan menegaskan harus ditolak. “Kebangetan kalau pemerintah sampai mencabut subsidi listrik untuk warga miskin.”

Sedangkan Dody Pranomo, warga Kebon Bawang, khawatir kebijakan PLN ini menggiring warga jadi boros listrik. “Bea tambah daya gratis, tapi bea listriknya mahal karena musti bayar tarif listrik industri. Ini sama aja ngejebak. Kita musti waspada,” ujarnya.

PERLU PENJELASAN

Dari sisi kebijakan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung kebijakan PLN yang menggratiskan biaya tambah daya. “Saya dukung kebijakan ini kalau perlu tidak hanya sampai Juni saja, tapi seterusnya digratiskan,” ungkap Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi kepada Pos Kota, Senin (7/1).

Tetapi, dia sependapat bila hal ini perlu penjelasan agar tidak ada dugaan-dugaan negatif dari masyarakat atas kebijakan tersebut. Apalagi sebelumnya bea pasang baru naik hingga 100 persen. “Jadi program gratis penambahan daya ini merupakan subsidi silang dari biaya penyambungan baru,” jelasnya.

MENGEVALUASI

Sementara itu, General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Moch Sulastyo mengungkapkan akan mengevaluasi jalannya program ini.     “Kalau tidak diminati, ya cukup sampai Juni saja,” ucapnya. “Sebaliknya kalau tinggi bisa diteruskan.”

Sebelumnya PLN mengeluarkan kebijakan gratis untuk tambah daya dari 450 watt menjadi 900 watt, 900 watt menjadi 1300 watt dan 1300 watt menjadi 2200 watt.

About these ads

4 Responses

  1. nice infonya

  2. perlihatkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: